Senin, 23 Agustus 2010

Masjid Al Mahdy di Jatisari, Bekasi

Senin, 23 Agustus 2010

Jika kita menyusuri Jl. Hankam Raya dari arah Ujung Aspal menuju ke Jatiwarna, ketika memasuki daerah Jatisari, tampak sebuah masjid yang cukup anggun berdiri di sisi kiri jalan. Masjid itu bernama Masjid Al Mahdy.

Masjid yang secara kapasitas tidak terlalu besar itu, tampilan arsitekturnya membuat siapa saja yang kebetulan melewati daerah tersebut, menyempatkan waktu untuk melihatnya dari balik kaca kendaraan.

Diriku sendiri, entah telah berapa kali melewati jalan itu dan terpesona dengan tampilan menawan masjid itu.

Minggu kemarin selepas silaturahmi ke rumah saudara dan kebetulan juga pas azan dzuhur berkumandang, diriku tengah berada di dekat masjid tersebut. Dirikupun sempatkan untuk sholat dzuhur berjamaah di sana.

Selepas sholat dzuhur, diriku coba untuk mengambil gambar beberapa bagian dari masjid tersebut.

Eksterior

Masjid itu memiliki halaman yang cukup. Dari jalan raya, terdapat pintu untuk memasuki halaman masjid sisi barat.

Dari situ kita bisa melihat tampilan eksterior yang cukup anggun. Sebuah menara kecil berada di salah satu sudut bagian atas dari bangunan tersebut. Menara tersebut berdiri menyatu dengan bangunan.

Sebuah kubah besar berwarna biru ada di bagian tengahnya. Sementara beberapa kubah kecil dengan warna yang sama, menemani di masing-masing sudutnya.

Tampilan ornamen khas timur tengah (seperti di masjid nabawi) nampak terpampang di sisi bagian luar bangunan masjid tersebut.

Beranjak masuk semakin ke dalam, di bagian ujung timur, di sana berdiri bangunan yang digunakan sebagai ruang pengurus/takmir masjid.

Berdempetan dengan ruang tersebut, terdapat ruang wudlu dan toilet yang cukup bersih.

Bangunan masjid tersebut terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar digunakan sebagai ruang serbaguna. Lantai atas digunakan untuk ruang sholat utama. Serta lantai atasnya lagi merupakan ruang mezanine yang juga digunakan untuk sholat.

Di seberang dari tempat wudlu terdapat tangga menuju ruang sholat utama. Di antara kedua bangunan tersebut terdapat semacam taman yang rindang dan hijau. Cukup untuk meneduhkan.

Tangga yang cukup menawan menjadi jalan untuk menuju serambi masjid. Warna hitam marmer menyelimuti seluruh tangga. Sementara pilar-pilar putih berdiri di sisi kiri dan kanannya.

Sampai di ruang serambi, di sana sebuah ornamen cantik berhias kaligrafi ayat suci al Qur’an terpasang di atapnya.

Di masing-masing ujung ruang serambi tersebut terdapat tangga untuk menuju ruang mezanine.

Interior

Ruang sholat utama masjid ini tidaklah begitu besar. Namun meski begitu, ruang tersebut terkesan menarik, nyaman dan indah.

Yang menarik dari ruang sholat utama ini adalah ornamen-ornamen yang menghiasinya. Tampilan kubah bagian dalam yang cantik ditambah tampilan kaligrafi yang menarik, menjadikannya sungguh mempesona.

Ruang mihrab pun tampak begitu menonjol tampilannya. Aneka bentuk corak ornamen ada di sana. Sementara di sisi kiri dan kanan mihrab, terpasang di dinding semacam ukiran bertuliskan lafadz Alloh dan Muhammad.

Di ruang sholat utama terdapat pemisah berupa kain pembatas, yang memisahkan jamaah pria dan wanita.

Di sisi kiri kanan masjid terdapat ruang selasar kecil. Ruang selasar tersebut terhubung langsung dengan serambi masjid. Ruang perpustakaan ada di ujung ruang selasar itu.

…………

Hmmm.. masjid yang tidak begitu besar tapi cukup anggun dan tentu saja memberi kenyamanan kepada para jamaah yang sholat di dalamnya. Itulah Masjid Al Mahdy.

So, jika netter sekalian sedang berada di daerah tersebut, cobalah untuk mampir ke masjid tersebut untuk melaksanakan sholat.

====================================================
photo by : deddy
====================================================


http://2dheart.wordpress.com/2010/10/25/masjid-al-mahdy-di-jatisari-bekasi/

0 komentar:

Poskan Komentar