Kamis, 25 Maret 2010

Masjid Lala Mustafa Pasa Famagusta, Siprus

Kamis, 25 Maret 2010
Lala Mustafa Pasa Mosque Masjid Lala Mustafa Pasa
Right side Sisi kanan
The west front of Reims Cathedral Bagian depan sebelah barat Katedral Reims
The Lala Mustafa Pasha Mosque (Turkish: Lala Mustafa Paşa Camii ) originally known as the Saint Nicolas Cathedral and later as the Ayasofya (Saint Sophia) Mosque of Magusa is the largest medieval building in Famagusta, Cyprus. The Masjid Lala Mustafa Pasha (Turki: Lala Mustafa Pasa Camii) awalnya dikenal sebagai Saint Nicolas Katedral dan kemudian sebagai Ayasofya (Saint Sophia) Masjid Magusa adalah bangunan abad pertengahan terbesar di Famagusta, Siprus. Built between 1298 and c.1400 it was consecrated as a Christian cathedral in 1328. Dibangun antara 1298 dan c.1400 itu ditahbiskan sebagai katedral Kristen di 1328. The cathedral was converted into a mosque after the Ottoman Empire captured Famagusta in 1571 and remains a mosque to this day. Katedral diubah menjadi masjid setelah Kekaisaran Ottoman ditangkap Famagusta pada tahun 1571 dan tetap menjadi masjid untuk hari ini.
The French Lusignan dynasty ruled as Kings of Cyprus from 1190 to 1489 and had brought with them the latest French taste in architecture, notably developments in Gothic architecture. Dinasti Lusignan Perancis memerintah sebagai Raja Siprus 1190-1489 dan telah membawa bersama mereka rasa Perancis terbaru dalam arsitektur, terutama perkembangan dalam arsitektur Gothic.
The cathedral was constructed from 1300CE to c.1400CE and was consecrated in 1328. Katedral dibangun dari 1300CE ke c.1400CE dan ditahbiskan pada 1328. “After an unfortunate episode when the current bishop embezzled the restoration fund”, Bishop Guy of Ibelin bequeathed 20,000 bezants for its constructon.The Lusignans would be crowned as Kings of Cyprus in the St. Sophia Cathedral, now Selimiye Mosque in Nicosia and then crowned as Kings of Jerusalem in the St. Nicolas Cathedral in Famagusta. "Setelah sebuah episode disayangkan ketika uskup saat ini menggelapkan dana restorasi", Uskup Guy dari Ibelin diwariskan 20.000 bezants untuk Lusignans constructon.The nya akan dinobatkan sebagai Raja Siprus di St Sophia Cathedral, sekarang Selimiye Masjid di Nicosia dan kemudian dimahkotai sebagai Raja Yerusalem di Katedral St Nicolas di Famagusta.
The building is constructed in a flamboyant Gothic style, quite rare outside France, though “mediated through buildings in the Rhineland”. Bangunan ini dibangun dengan gaya Gothic flamboyan, cukup langka di luar Perancis, meskipun "dimediasi melalui bangunan di Rhineland". The historic tie between France and Cyprus is evidenced by its parallels to French archetypes such as the Rheims cathedral. Dasi bersejarah antara Perancis dan Siprus ini dibuktikan dengan paralel untuk arketipe Perancis seperti katedral Rheims. Indeed, so strong is the resemblance, that the building has been dubbed “The Reims of Cyprus”. Memang, begitu kuat adalah kemiripan, bahwa bangunan ini telah dijuluki "The Reims Siprus". The building has three doors, twin towers over the aisles and a flat roof, typical of Crusader architecture. Bangunan ini memiliki tiga pintu, menara kembar di gang dan atap datar, khas arsitektur Tentara Salib.
The upper parts of the cathedral's two towers suffered from earthquakes and were badly damaged during the Ottoman bombardments of 1571; they have never been repaired. Bagian atas dua menara katedral menderita dari gempa bumi dan rusak parah selama pemboman Ottoman 1571, mereka tidak pernah diperbaiki. With the Venetians defeated and Famagusta fallen by August of 1571, Cyprus fell under Ottoman control and the cathedral was converted into a mosque and renamed the “St.Sophia Mosque of Gazimagosa”. Dengan Venesia Famagusta dikalahkan dan jatuh dengan bulan Agustus 1571, Siprus jatuh di bawah kontrol Ottoman dan katedral diubah menjadi masjid dan berganti nama menjadi "St.Sophia Mesjid Gazimagosa".
Islamic tradition holds that the depiction of humans, animals and other faiths in their religious architecture is sinful and so almost all of the statues, crucifixes, frescoes, paintings, tombs, stained glass windows and the altar were removed or plastered over. tradisi Islam menyatakan bahwa penggambaran manusia, hewan dan agama lain dalam arsitektur keagamaan mereka berdosa dan sehingga hampir semua, salib patung, lukisan-lukisan dinding, lukisan, makam, jendela kaca patri dan mezbah itu dihapus atau menempel di. The Gothic structure was preserved however and a few tombs can still be identified in the north aisle. Struktur Gothic Namun diawetkan dan beberapa makam masih dapat diidentifikasi dalam lorong utara.
In 1954 its name was changed again to the Lala Mustafa Pasha Mosque after the commander of the 1570 Ottoman conquest, who is famous for the gruesome torture of Marco Baragadino, the City's Venetian defender. Pada tahun 1954 namanya diubah lagi ke Masjid Lala Mustafa Pasha setelah komandan penaklukan, Ottoman 1570 yang terkenal dengan penyiksaan mengerikan Marco Baragadino, bek Venesia Kota itu. Baragadino was beaten, and had his ears and nose cut off before being publicly humiliated and flayed alive, after Mustafa Pasha renegged on his amnesty pledge to Baragadino, which had secured the city's surrender following a brutal 10-month siege in which 6,000 Christian defenders held off an army of more than 100,000 Ottoman Turks. Baragadino dipukuli, dan memiliki telinga dan hidungnya dipotong sebelum dipermalukan di depan umum dan dikuliti hidup, setelah Mustafa Pasha renegged pada janji amnesti ke Baragadino, yang telah memperoleh penyerahan kota itu setelah pengepungan 10-bulan brutal di mana 6.000 pembela Kristen diselenggarakan off tentara lebih dari 100.000 orang Turki Ottoman.

0 komentar:

Poskan Komentar