Minggu, 09 Januari 2011

Al-Masjid El-Aqsa

Minggu, 09 Januari 2011
alaqsa.gif
Al-Masjid El-Aqsa adalah bahasa Arab yang berarti Masjid yang terjauh, saat itu memang Masjid inilah yang terjauh dari Mekah.
10 Tahun sejak Nabi Muhammad menerima wahyu keNabiannya, beliau melakukan perjalanan yang dikenal sebagai Isra-Mi’raj, dari Mekah ke Jerusalem sebelum kelangit ketujuh, Beliau sempat bersembahyang di atas bebatuan yang saat ini dikenal sebagai Masjid Aqsa [saat itu Masjid ini belum ada] dan selama 16.5 bulan setelah itu umat Muslim berkiblat kesini sebelum turun wahyu dari Allah SWT saat Nabi SAW sembahyang di masjid Quba yang merubah kiblat ke Mekah, jadi saat itu Jerusalem adalah kiblat kaum Muslimin.
al_aqsa_mosque.jpg
Saat Nabi SAW masih hidup, beliau berpesan kepada umat Islam agar tidak hanya pergi ke Ka’bah di Mekah tetapi juga ke “Dome of Rock” tempat beliau bersembahyang saat Isra-Mi’raj yang terletak sekitar 200 km dari Mekah.
Masjid Aqsa ini merupakan tempat suci ketiga umat Islam setelah Mekah dan Madinah.
domeandaqsa.jpg
Menempati areal seluas 144.000 meter persegi atau sekitar 1/6 dari kota tua Jerusalem bisa menampung sekitar 400.000 jemaah disekitar Masjid, terutama saat bulan Ramadhan dimana banyak umat Muslim berkunjung ke masjid ini. Ruang dalam Masjid ini yang berbentuk persegi 4 dibawah “Dome/Kubah” bisa menampung sekitar 5000 jemaah.
Ada 11 pintu/gerbang di Al Aqsa, 7 pintu selalu terbuka, 4 tertutup dan 1 pintu utama [Golden Gate].

Pembangunan Al Aqsa yang dikenal Kubah Utamanya dilakukan oleh Kalifah Al-Walid, putera dari AbdulMalek bin Marwan ditahun 709 M, 1300an tahun yang lalu. Kubah beberapa kali diganti, tahun 1964 dibuat dari Aluminum lalu tahun 1985 diganti dengan bahan timah hitam.
Masjid ini menjadi impian saya untuk berkunjung disuatu saat nanti, Insya Allah.

http://wayofmuslim.wordpress.com/2007/12/01/al-masjid-el-aqsa/

0 komentar:

Poskan Komentar