Sabtu, 22 Januari 2011

Umroh dari Madinah

Sabtu, 22 Januari 2011
Ber-umrah dari Madinah al Munawaroh adalah mengikuti jejak Rasulullah untuk melakukan ibadah umrah dari Madinah ketika beliau sudah menjadi penduduk Madinah al Munawaroh.
Prosedur keluar dari Madinah al Munawaroh sama dengan proses ketika kita masuk yaitu melewati Pilgrim Service Center, tapi prosesnya disini lebih cepat dari waktu datang. Kira-kira cuman makan waktu 30 menit sudah selesai, Insya Allah.

Umrah dari Madinah al Munawaroh biasanya dimulai dengan berIhram dari hotel, tetapi baru mengambil Miqatnya di Masjid Bier Ul Ali (Bier Ul Ali artinya sumur milik Ali – sejarahnya tanah disini sangat subur karena ada sumber air sumur yang melimpah dan oleh saudagar Ali yang sangat kaya pada waktu itu, tanah dan daerah ini dibeli dan diberikan kepada umat Islam)
Masjid Bier Ul Ali cukup besar dan modern dengan lokasi tempat di atas bukit dan mempunyai fasilitas kamar mandi dan kamar kecil yang cukup bagus. Pemandangan sekelilingnya sangat bagus, yang membawa kamera bisa berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan yang bagus. Disini bagi yang belum berpakaian Ihram bisa mandi dan ganti pakaian Ihram, selanjutnya sholat Ihram dan niat Umrah. Begitu rangkaian niat Ihram selesai, maka anda sudah langsung terikat dengan seluruh larangan Ihram dan anda dalam keadaan suci, hindari larangan Ihram secara tidak sengaja misalnya cuci tangan pakai sabun, merokok (katanya di dalam rokok ada aroma yang disamakan dengan minyak wangi) dll jangan lupa lho dam (dendanya) lumayan – 60 real = 150.000 rupiah – kan sayang lebih baik buat makan bakso atau beli Abaya.

Perjalanan ke Makkah al Mukaromah cukup jauh seperti telah dijelaskan diatas dan usahakan istirahat yang cukup, kalau tidak bisa tidur di bus ya baca doa dan Talbiyah supaya perjalanan kita selamat selalu dilindungi oleh Allah YMK .
[tulisan RGO].

0 komentar:

Poskan Komentar